Pallet Plastik, Harga, Spesifikasi

Pallet plastikApa itu pallet plastik? Pallet plastik merupakan salah satu bagian dari gudang atau warehousing. Pallet Plastik adalah tempat untuk meletakkan barang-barang dengan tujuan memudahkan penyimpanan, perhitungan, dan transportasi. Untuk lebih detail mengenai seluk beluk pallet plastik, berikut ulasannya.

Pallet Plastik
Pallet plastik mulai banyak digunakan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, pallet plastik terbuat dari plastik. Perbedaan yang mendasar selain bahannya, bila dibandingkan dengan pallet kayu adalah pada bagian atasnya. Pallet kayu umumnya pada bagian atas terbuat dari papan yang disusun melintang dan terdapat jarak diantara papan-papan tersebut.
Sedangkan pallet plastik normalnya mempunyai permukaan bagian atas yang flat, tanpa ada rongga.

Material utama dari sebuah pallet plastik adalah plastik. Pallet plastik didesain dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan. Pallet plastik berbentuk kotak segi empat, bisa persegi atau persegi panjang. Normalnya, pallet terdiri dari 3 bagian utama, yaitu atas, kaki (stinger), dan bawah. Bagian atas biasanya berbentuk rata atau flat atau ronga-rongga yang berbentuk jaring.
Sedangkan bagian bawah bisa berbentuk rata atau flat, berongga atau hanya bentuk kaki-kaki.

Pallet plastik ini dibuat dengan cara dicetak atau dengan sitem moulding, sehingga antara bagian atas, kaki dan bagian bawah sudah saling berhubungan. Dilihat dari bahan pembuatnya, pallet plastik biasanya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pallet plastik HDPE dan pallet plastik PPC.

Menurut drive direction-nya, ada 2 jenis pallet plastik, yaitu 2 ways dan 4 ways. Pallet jenis 2 ways hanya memungkinkan forklift untuk mengambil pallet dari 2 arah, depan dan belakang. Untuk pallet jenis 4 ways, forklift dapat membawa pallet dari 4 sisi, depan, belakang, kanan, dan kiri.

Harga pallet plastik
Selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa harga pallet plastik mahal, akan tetapi kalau relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan plastik kayu, namun pallet jenis ini tidak mudah rusak dan boleh dikatakan anti rayap. Pallet plastik yang baik juga cenderung lebih berat bila dibandingkan dengan pallet kayu. Kelemahan pallet plastik yang paling mendasar adalah susah untuk di repair.

Ukuran Pallet Plastik
ISO sudah mematenkan beberapa ukuran yang menjadi standar internasional. Di Eropa misalnya, pallet di standarkan dalam ukuran 1200 x 1000 mm. Sedangkan untuk Asia, standar ukuran pallet adalah 1100 x 1100 mm Ukuran asia dan eropa ini menjadi ukuran yang lazim digunakan juga di Indonesia.

Incoming search terms: